Rabu, 22 Februari 2017

9 Tips Memaksimalkan Kualitas Foto Dari Kamera Smartphone


Setiap orang pasti menginginkan hasil foto yang diambil itu hasil yang terbaik. Ini adalah 9 tips versi saya yang bisa anda pakai untuk memaksimalkan kualitas foto dari kamera handphone, yaitu:
1. Jangan gunakan zoom, mendekatlah ke obyek foto
    Kamera handphone cenderung memperkecil obyek foto, jadi selalu usahakan agar anda memotret dari jarak yang cukup sehingga keseluruhan obyek bisa memenuhi frame tanpa harus menggunakan zoom.
2. Pastikan cahaya yang menerangi obyek mencukupi
    Kamera handphone tidaklah sesensitif mata kita yang bisa melihat di keremangan. Usahakan selalu agar cahaya yang menerangi obyek foto mencukupi, hasil foto outdoor cenderung lebih bagus dibanding indoor.
3. Pegang handphone se-stabil mungkin
    Semakin stabil kamera semakin bagus foto kita. Jadi usahakan selalu agar tangan kita tenang saat mengambil foto.
4. Cobalah memotret dari tempat yang tidak biasa
    Foto yang dibuat dari sudut yang biasa-biasa saja maka hasilnya juga akan biasa-biasa saja. Untuk itu cobalah memotret dari sudut yang tidak biasa, misalnya jongkoklah dan memotretlah dari sudut yang lebih rendah dari objek fotonya.
5. Pastikan lensa selalu bersih
    Sebaik apapun kita memotret dan sebagus apapun obyek foto tapi jika lensa kita kotor maka hasilnya pastilah jelek. Mengingat handphone kita lama berada di kantong maka kotoran kelamaan akan menempel di lensa kamera, oleh karena itu secara berkala bersihkan lensa dari kotoran. Gunakan kain lembut untuk membersihkan, tak perlu cairan apapun. Jika terkena minyak, gunakan cairan pembersih LCD atau kacamata.
6. Kenali waktu jeda dalam pengambilan gambar
     Tidak seperti kamera DSLR yang secepat kilat mengambil foto setelah kita memencet eksposur, handphone lumayan lelet.
7. Pilih app edit foto yang bagus
      Handphone memiliki beberapa fitur pengolahan foto bawaan yang cukup menarik, cobalah pilih app edit foto yang berkualitas bagus sehingga memudahkan kita melakukan editing penting.
8. Foto sesering mungkin
      Jangan sungkan dan ragu, potretlah sebanyak dan sesering mungkin sampai memory di handphone anda penuh, semakin banyak kita memotret semakin banyak pula hasil yang bagus.
9. Beri efek filter yang pas, jangan berlebihan
      Kebanyakan orang kalau foto sudah terlalu banyak difilter, hasilnya malah jadi tidak bagus. Editlah dengan tujuan utama untuk memperkuat kesan foto, bukan untuk menghiasnya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar